Deskripsi Singkat Member Care

Apa itu Member Care dan mengapa itu penting?

“Member Care” adalah istilah yang dipakai di seluruh dunia untuk kepedulian dan pendampingan terhadap para utusan lintas budaya (“member of the mission team”). Tujuannya ialah untuk menguatkan dan memberdayakan mereka yang ada di garis depan pemberitaan Injil sedunia.

Kepedulian seperti ini dipraktikkan Tuhan Yesus selama Dia melayani di bumi, dilakukan gereja mula-mula sebagaimana terbaca dalam Kisah para Rasul dan dapat ditemukan dalam berbagai bentuk sepanjang sejarah misi. Member Care itu terefleksi dalam kitab Amsal dan dalam perenungan pemazmur.

Inti Member Care ialah hubungan antar pribadi yang mendukung dan bentuk-bentuk pelayanan yang mendorong penyesuaian dan pertumbuhan pemberita Injil yang terus-menerus.

Member Care mengakui realita kelemahan manusia (termasuk manusia Tuhan!), realita peperangan rohani serta kebutuhan akan anugerah Allah yang menopang.

Kita semua menyadari bahwa misi ada harga yang harus dibayar. Pengorbanan dan penderitaan sering menjadi pendamping misionaris. Ada risiko yang tinggi dan hasil serta keuntungan sewaktu-waktu hanya sedikit. Harga yang harus dibayar oleh pemberita Injil secara lintas budaya begitu tinggi – dan hanya diimbangi oleh buah kekal yang dihasilkannya.

Kepedulian dan kepekaan yang berkelanjutan diperlukan dalam usaha menunjang mereka yang terpanggil untuk tugas ilahi yang sangat menuntut ini.

(Dr. John Powell in Missionary Care: counting the cost for World Evangelization, 1992, p. 7)

 

Member Care berarti
segala aktivitas dalam rangka
mempedulikan dan memperlengkapi
para pekerja lintas budaya
agar tetap sehat, tangguh, dan efektif
serta memuliakan Allah
dalam kehidupan dan pelayanan misi
jangka panjang.

Prinsip-prinsip penting Member Care

Member Care bertitik tolak kepada cara pandang terhadap manusia sebagai ciptaan menurut gambar dan rupa Allah sendiri. Itu berarti setiap pekerja lapangan amat berharga dan layak dihormati dan dipedulikan.

Member Care dapat dipandang sebagai suatu sistem pengelolaan SDM yang berhati Bapa. Di dunia sekuler sering dikumandangkan bahwa “manusia adalah sumber daya kita yang terbaik” tetapi kenyataannya sering bahwa mereka “dimanfaatkan sampai habis, kemudian dibuang.” Kejadian seperti ini adalah tragedi dan tidak boleh terjadi dalam pekerjaan misi. Perintah Tuhan mengenai manusia tidak seperti itu.

Cara kerja Member Care

Pada dasarnya ada paling sedikit lima pihak yang berperan dalam Member Care:

  1. Tuhan sendiri yang memedulikan anak-Nya yang sekaligus hamba-Nya.
  2. Utusan lintas budaya sendiri diberi tanggung jawab untuk menjaga diri dengan baik.
  3. Teman dan rekan utusan memiliki peran penting untuk saling menjaga dan memelihara.
  4. Pengutus, dalam hal ini gereja pengutus dan lembaga pengutus, ada tanggung jawab organisasi terhadap anggotanya, termasuk keluarganya.
  5. Para tenaga ahli seperti dokter, konselor, psikolog, ahli hukum, dll. dapat melengkapi kepedulian empat pihak yang lain dengan sumbangan mereka yang khas.

Kalau lima pihak ini bekerja sama penuh dedikasi dan dalam kasih Tuhan, maka hamba Tuhan utusan akan tetap sehat, tangguh, efektif dan memuliakan Tuhan.